Wednesday, September 19, 2018

Business Plan


BUSINESS PLAN

1.       Pengertian Business Plan
a.       Dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan profit yang memuaskan dan menari bagi penyandang dana.
b.      Selling document yang mengungkapkan daya Tarik dan harapan sebuah bisnis kepada penyandang dana potensial.
c.       Business Plan dibuat jangka pendek dan jangka panjang yang akan diikuti oleh wirausaha sehingga bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan: Dimana saya sekarang? Kemana saya sekarang? Bagaimana bisa sampai disana?

2.       Manfaat Business Plan
a.       Pentingnya Rencana?
                                                               i.      Usaha apa
                                                             ii.      Mengapa memilih usaha tersebut
                                                            iii.      Lokasinya dimana
                                                           iv.      Siapa konsumenya
                                                             v.      Darimana modalnya… dan sebagainya
b.      Keuntungan perancangan usaha
                                                               i.      Sebagai kendali perusahaan
                                                             ii.      Menjaga focus usaha
c.       Business Plan yang kurang baik à Kegagalan
                                                               i.      Tujuan à tidak masuk akal
                                                             ii.      Pengusaha à kurang tanggung jawab
                                                            iii.      Pengalaman perencanaan tidak ada
                                                           iv.      Tidak bisa menangkap ancaman dan kelemahan bisnisnya
                                                             v.      Konsumen tidak mengharap produk tersebut

3.       Stakeholder dalam Business Plan
a.       Pihak Interm Perusahaan
                                                               i.      Manajer, Pengawal, dan Karyawan yang berwenang
b.      Pihak Ekstern Perusahaan
                                                               i.      Investor, Mitra Usaha

4.       Kerangka dan Format Business Plan
a.       Nama perusahaan (pendek, mudah, enak, up to date)
b.      Lokasi : Perkantoran (Pengelolanya)
Perusahaan (pabrik, processing)*)
Pertokoan
c.       Komoditi yang diusahakan **)
d.      Konsumen yang dituju (total permintaan, kapan)
e.      Pasar yang dimasuki
f.        Partner yang diajak kerjasama (Partnership*))
g.       Personil yang di percaya
h.      Jumlah modal yang diharapkan dan yang tersedia à modal sendiri, kredit, invest, tempo/jangka, cash budget, dan sebagainya.
i.         Peralatan yang harus ada
j.        Promosi

No comments:

Post a Comment